Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Belajar, Prinsip Belajar, Tujuan Belajar dan Hasil Belajar

Isanfa - Halo sobat pembelajar,, pernahkah kalian berfikir tentang apa sih itu belajar ? Untuk apa sih kita belajar ? Apa sih prinsip belajar itu ? ataukah bagaimana hasil belajar itu sebenarnya ? Nah,, dikesempatan kali ini kita akan sama sama mengkaji dan memahami tentang semua yang jadi pertanyaan pada kalimat sebelumnya. Yuk kita simak sama sama yah sobat pembelajar. ^_^

harian.analisadaily.com

#Pengertian Belajar

Tentunya kita semua sudah tidak asing lagi dengan istilah "belajar". Belajar merupakan sebuah kata yang baik secara langsung maupun tidak langsung kita dapat kan sejak kita mulai bersekolah dan mengenal lingkungan sekitar. Nah, tahukan sobat pembelajar tentang apa sih itu belajar ? Belajar memiliki pengertian yang luas, beberapa pakar pendidikan mengartikan belajar sebagai berikut :

Menurut james O. Whittaker : Belajar adalah suatu proses dimana perilaku yang dihasilkan atau dimodifikasi melalui pelatihan atau pengalaman.

Winkel : Belajar adalah aktivitas mental atau psikis, yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan, nilai dan sikap.

Gagne : Belajar adalah perubahan disposisi atau kemampuan yang dicapai seseorang melalui aktivitas. Perubahan disposisi tersebut bukan diperoleh langsung dari proses pertumbuhan seseorang secara alamiah.

Travers : Belajar adalah proses menghasilkan penyesuaian tingkah laku

Alice Crow : Belajar merupakan upaya untuk memperoleh kebiasaan, pengetahuan dan sikap.

Morgan : Learning is any relatively permanent change in behavior that is a result of past experience. (Belajar adalah perubahan perilaku yang bersifat permanen sebagai hasil dari pengalaman)

Slameto : Menjelaskan bahwa belajar adalah proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu pengetahuan tingkah laku yang baru, secara keseluruhan sebagai hasil dari pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Bruner : Belajar dapat dilakukan dengan 3 macam cara yaitu:
Enactive : belajar dengan melakukan, artinya bahwa ada type belajar dari siswa yang lebih mudah menangkap materi jika ia belajar dengan melakukan secara langsung.
Iconic : belajar dengan melihat, artinya bahwa ada type belajar dari siswa yang lebih mudah belajar denganmelihat secara langsung apa yang ia pelajari.
Symbolic : belajar dengan mengenal symbol-symbol, ini merupakan type belajar dimana anak akan mudah mempelajari sesuatu dengan ditunjukan formula-formula symbol atau kata-kata.

Skiner : Belajar adalah suatu perilaku pada saat orang belajar, maka responnya menjadi lebih baik.

Dari berbagai pengertian belajar yang dikemukakan oleh para ahli pendidikan, dapat kita simpulkan bahwa Belajar adalah suatu proses pembiasaan aktivitas keseharian yang menghasilkan pengetahuan dan perubahan tingkah laku bagi pelaku belajar tersebut.

#Prinsip Belajar

Jika tadi kita membahas mengenai defenisi belajar, selanjutnya kita harus mengetahui mengenai prinsip-prinsip belajar itu seperti apa. Prinsip belajar harus dimiliki bagi siapa saja baik bagi siswa yang belajar juga bagi guru sebagai tenaga pengajar agar dapat meningkatkan kualitas mengajarnya. 

Perubahan perilaku : Dalam belajar tentunya akan ada perubahan yang terlihat dari seorang yang melaluinya, utamanya dalam perilaku kesehariannya. Perubahan tersebut bergantung dari apa yang dipelajari baik perilaku positif maupun negatif, itu merupakan hasil dari belajar.

Belajar Merupakan Proses : Belajar merupakan kegiatan yang dilakukan berdasarkan kemauan atau keinginan mengetahui akan sesuatu sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. 

Belajar Merupakan Bentuk Pengalaman : Pengalaman merupakan hasil dari interaksi antara peserta didik dengan lingkungannya. 

Perhatian dan Motivasi : Dalam kegiatan belajar perhatian dan motivasi merupakan hal penting agar tercapai hal yang ingin dicapai melalui proses pembelajaran.

Keaktifan : Proses belajar memerlukan sikap aktif dan tanggap oleh peserta didik agar pembelajaran lebih bermakna dan efisien.

Tantangan : Dalam belajar tentunya ada tantangan sehingga mengasah kemampuan berfikir untuk dapat memecahkan masalah yang dihadapi

Penguatan : Hal ini sangat penting karena termasuk hal yang dapat memotivasi rasa ingin tahu dan menggugah semangat belajar.

#Tujuan Belajar

Tujuan belajar tentunya sangatlah banyak dan beraneka ragam. Tujuan belajar terkadang diusahakan dicapai dengan tindakan instruksional yakni dengan kemampuan berpikir kritis dan kreatif, sikap terbuka dan demokratis, menerima orang lain dan sebagainya.

Untuk mencapai tujuan belajar tersebut tentunya harus melalui prinsip prinsip belajar seperti yang telah dikemukakan sebelumnya. Dewasa ini melihat pentingnya belajar itu sendiri, banyak orang yang memanfaatkannya untuk meraup keuntungan seperti dengan membuat lembaga bimbingan belajar dan sebagainya. Yang tentunya memiliki tujuan selain income, tak terlupakan pula yakni untuk mencapai tujuan belajar itu sendiri.

#Hasil Belajar 

Hasil belajar merupakan capaian yang diperoleh melalui proses yang berdasarkan atas prinsip prinsip belajar untuk menggapai tujuan belajar sehingga membuahkan hasil yang disebut hasil belajar. Menurut Bloom, hasil belajar itu mencakup kemampuan kognitif, afektif dan psikomotorik. Sedangkan jika merujuk pada pemikiran Gagne, hasil belajar tersebut berupa :
  1. Informasi Verbal yaitu kapabilitas mengungkkapkan pengetahuan dalam bentuk bahasa, baik lisan maupun tertulis.
  2. Keterampilan intelektual yakni kemampuan mempresentasikan konsep dan lambang
  3. Strategi Kognitif yaitu kecakapan menyalurkan dan mengarahkan aktivitas kognitifnya sendiri
  4. Keterampilan motorik yaitu kemampuan melakukan serangkaian gerak jasmani dalam urusan dan koordinasi, sehingga terwujud otomatisme gerak jasmani
  5. Sikap adalah kemampuan menerima atau menolak objek berdasarkan penilaian terhadap objek tersebut.
Yang terpenting disini adalah hasil belajar itu merupakan perubahan tingkah laku secara menyeluruh yang diperoleh melalui proses belajar dan bukan hanya satu aspek saja. Artinya, seperti yang dikemukakan oleh pakar pendidikan bahwa belajar itu memberikan hasil yang luas dan menyeluruh dalam berbagai aspek kehidupan.

Nah, Sobat pembelajar sekian dulu pembahasan kita. Semoga artikel ini bisa membantu menambah wawasan sobat pembelajar sekalian.... ^_~


Sumber :
Supriono, Agus. 2012. Cooperative Learning. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
https://www.gurupendidikan.co.id/101-pengertian-belajar-menurut-para-ahli-pendidikan/
http://www.karyatulisku.com/2017/09/24-pengertian-belajar-menurut-para-ahli.html
https://afidburhanuddin.wordpress.com/2014/05/19/prinsip-prinsip-belajar-dan-implikasinya-4/

Post a Comment for "Pengertian Belajar, Prinsip Belajar, Tujuan Belajar dan Hasil Belajar"