Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Muslim Harus Tau : Rukun Islam dan Rukun Iman


apologiku - Rukun islam dan rukun iman termasuk dalam materi pembelajaran pendidikan agama islam. Bukan hanya anak sekolahan yang perlu tau tentang kedua rukun tersebut. Tapi semua manusia yang di KTP nya beragama Islam harus paham ini juga.

A. Rukun Islam
Rukun islam ini berkaitan dengan syarat menjadi seorang muslim yang harus dipenuhi dengan perbuatan. seperti :

1. Mengucapkan 2 Kalimat Syahadat
Mengucapkan 2 kalimat syahadat ini adalah kunci utama penganut agama islam. jika ada seorang non muslim ingin memeluk islam maka ia harus membaca 2 kalimat syahadat. isi 2 kalimat syahadat yakni :
Dari nama 2 kalimat syahadat, kalimat tersebut terdiri dari 2 kalimat. Yang pertama menandakan bahwa ummat islam bersaksi bahwa hanya ada Satu Tuhan yang patut disembah. dan kalimat kedua merupakan persaksian bahwa Nabi Muhammad hanyalah utusan Allah SWT.

2. Mendirikan Shalat
Setelah mengucapkan shalat, maka kewajiban setiap muslim adalah mendirikan shalat. Sahalat merupakan ibadah yang sangat penting karena merupakan ritual penyembahan hamba kepada Tuhannya. Shalat itu sendiri terbagi 2 ada yang wajib dan ada yang sunnah. Shalat wajib terdiri dari 5 waktu yakni, isya, subuh, dzuhur, ashar dan maghrib. Sedangkan shalat sunnah adalah shalat di luar 5 waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. shalat sunnah ada banyak macamnya diantaranya shalat sunnah rawatib, shalat sunnah dhuha, shalat sunnah lail (tengah malam), shalat sunnah tahiatul masjid, shalat sunnah idul fitri dan idul adha.

3. Berpuasa di Bulan Ramadhan
Berpuasa merupakan suatu kewajiban setiap muslim yang tidak bisa ditawar tawar. Puasa merupakan suatu masa dimana ummat islam diberikan ujian dengan tidak makan dan minum disiang hari selama 30 hari berturut turut demi menunjukkan penghambaan atas Sang Maha Pencipta. Sama halnya dengan shalat, puasa juga ada yang wajib di kerjakan namun juga ada yang sunnah. Puasa wajib dikerjakan selama bulan ramadhan, sedangkan puasa sunnah dikerjakan diluar bulan ramadhan. contoh puasa sunnah yaitu, puasa senin kamis, puasa daud, puasa syawal dan puasa nazar.

4. Menunaikan Zakat
Jika ummat islam telah melaksanakan puasa selama 30 hari lamanya, selanjutnya sebelum merayakan hari kemenangan di hari idul fitri, maka setiap umat islam wajib membayarkan zakat senilai dengan 4 liter beras sesuai dengan makanan pokok yang ada pada lingkungan tempat tinggal. zakat ini dimaksudkan untuk membersihkan harta dari sifat kikir dan berlebih lebihan.

5. Naik Haji Bagi Yang Mampu
Rukun islam yang terakhir ada melaksanakan haji. Namun keharusan yang ke-5 ini memiliki kompensasi, dengan kata lain ada syarat yang harus dipenuhi dalam menjalankannya. Syarat itu adalah setiap muslim yang ingin melaksanakan haji haruslah mampu dari segala hal. mampu dari jasmani, rohani dan utamanya harta. karena kita ketahui bersama bahwa perjalanan haji itu tidah mudah dan juga tidak murah. Apalagi di zaman milenium seperti sekarang ini.

B. Rukun Iman
Rukun iman berkaitan dengan keyakinan yang harus dimiliki dalam hati setiap muslim agar lebih teguh pendirian memeluk islam. Seperti :

1. Iman Kepada Allah
Iman kepada Allah SWT berarti mempercayai adanya Allah yang mengatur segala alam semesta dan tidak pernah meragukan ke-Esa-an Allah SWT.

2. Iman Kepada Malaikat
Iman kepada malaikat adalah meyakini adanya malaikat sebagai wakil Allah di muka bumi yang ditugaskan menjadi pengawas kehidupan manusia. Malaikat memiliki tugas masing masing yang langsung diberikan oleh Allah SWT

3. Iman Kepada Nabi dan Rasul
Iman kepada nabi dan rasul merupakan keyakinan yang harus dimiliki pula oleh setiap muslim bahwa Allah SWT memilih beberapa manusia untuk diangkat sebagai Nabi dan Rasul yang menjadi suri tauladan dan pembimbing kejalan yang benar.

4. Iman Kepada Kitab Kitab Allah
Mempercayai kitab kitab Allah juga merupakan suatu keharusan, Allah menurunkan mu'jizat berupa kitab kitab sebagai pembimbing kehidupan semu (sementara) menuju kehidupan nyata (akhir). Kitab kitab Allah yang dimaksud adalah

  • Kitab Zabur yang diturunkan pada Nabi Daud a.s.
  • Kitab Taurat yang diturunkan pada Nabi Musa a.s.
  • Kitab Injil yang diturunkan pada Nabi Isa a.s.
  • Kitab Al-Qur'an yang diturunkan pada Nabi Muhammad SAW
5. Iman Kepada Hari Kiamat
Selanjutnya ummat muslim juga harus mempercayai akan datangnya hari akhir. Hari akhir adalah hari dimana semua umat manusia akan mati dan dibangkitkan kembali untuk menempati alam akhirat.

6. Iman Kepada Qada' dan Qadhar
Iman kepada qada' dan qadhar merupakan kepercayaan terhadap kekuasaan Allah SWT. bahwa segala yang terjadi dimuka bumi adalah atas kehendak Allah Sang Maha Kuasa. Takdir yan terjadi entah itu baik maupun buruk, merupakan sudah ketentuan Sang Pemilik langit dan bumi.

Artikel terkait :
Apa itu Syahadat dan Syarat-Syarat Sah-nya Syahadat
Kenali Dan Amalkan Shalat Wajib Dan Shalat Sunnah : Pengertian, Syarat Sah, Tata Cara, Serta Jenis-Jenis Shalat Wajib Dan Shalat Sunnah

Post a Comment for "Muslim Harus Tau : Rukun Islam dan Rukun Iman"